Kamis, 12 November 2009

7 keaJaiban di dUnia^^

New Seven Wonders of the World!

Berita terbaru ini bisa jadi akan membuat bangsa Indonesia kecewa. Sebab, kini Candi Borobudur bukan lagi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Pada Sabtu, 07 Juli 2007 lalu sebuah lembaga yang digagas oleh Bernard Weber, seorang pengusaha Swiss, telah menetapkan 7 keajaiban dunia yang baru yang terpilih melalui survei online melalui internet. Daftar 7 keajaiban dunia yang baru tersebut adalah Chichen Itza, Meksiko, Christ Redeemer, Brazil, The Great Wall, China, Machu Picchu, Peru, Petra, Jordan, The Roman Colloseum, Italia, dan Taj Mahal, India.

Sejak Januari 2007 lembaga ini? telah menominasikan sebanyak 77 situs mahakarya manusia untuk dijadikan calon 7 keajaiban dunia yang baru. Kemudian berhasil memperpendek menjadi menjadi 21 situs dan sampai akhirnya tepilih 7 situs keajaiban dunia baru dari 100 juta suara yang masuk melalui internet.

Namun, ternyata banyak pihak merasa keberatan dari hasil pemilihan 7 keajaiban dunia baru. Zahi Hawass, ahli sejarah Mesir, mengkritik bahwa daftar baru keajaiban dunia tidak memiliki dasar yang jelas. "Kontes pemilihan keajaiban dunia baru ini tidak memiliki dasar yang kuat karena hanya berdasarkan polling dari orang-orang. Bukan mereka yang menulis sejarah terbentuknya situs-situs ini," demikian penuturan Zahi kepada AFP. Ia juga menambahkan tidak terpilihnya Piramida Giza di Mesir tidak akan mengurangi nilai sejarah dari piramida tersebut, karena Piramida Giza ini adalah satu-satunya keajaiban dunia yang asli.? ?? Berbeda dengan Mesir, ribuan masyarakat Meksiko, Peru dan Brazil bersuka cita karena Chichen Itza, Macchu Piccu dan patung Yesus yang menaungi Rio de Janeiro, berhasil masuk ke dalam kategori Seven New Wonder of the World. Seven wonders of the world adalah 7 situs yang merupakan mahakarya manusia yang ditetapkan UNESCO. Ketujuh situs keajaiban dunia yang pertama ditetap UNESCO adalah Piramida Giza, Taman gantung Babilonia, Kuil Artemis, Patung Zeus, Moseleum Halikarnasus, Kuil Rhodes dan Mercusuar Alexandria. Namun karena perang, bencana alam atau sudah sangat tua, maka hampir semua situs tersebut telah rusak. Sampai saat ini hanya Piramida Giza adalah satu dari 7 keajaiban dunia asli yang masih utuh berdiri. Latar belakang inilah yang kemudian mencetuskan ide untuk memilih 7 situs keajaiban dunia baru.

Pengumuman ini dilakukan di Stadium of Light, Lisbon, Portugal. Disiarkan ke 170 negara dan dihadiri oleh segenap orang ternama, tidak tertinggal selebritis seperti aktor Inggris Ben Kingsley, aktris peraih Oscar Hillary Swank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cuma coba"

cuma coba"

Apakah Anda menyukai bLog ini?